Budget Monitoring
Education, Training and Capacity Development
Estudantes LABEH-VS HALO ACTIVIDADE IHA LABEH
Advocacy and Monitoring
Who Are We
Transparency, Accountability, Integrity, Good-governance, Courage, Justice and Democracy.

REPORT OBSERVASI LAPANGAN PEMASANGAN TRAFFIC LIGHT DI KOTA DILI

Masyarakat pada umumnya sudah mengenal dan tahu tentang lampu lalulintas ini karena Rambu semacam ini juga pernah beroperasi pada zaman Indonesia sehingga tidak terlalu sulit bagi masyarakat untuk mentaati,menyesuaikan seta mengikuti aturan-aturan kapan  berhenti maupun berjalan.

Timor-leste sebagai salah satu Negara terakhir yang mendapat kemerdekaan pada era millennium ini dengan  segala keterbatasn dan kemampuan yang ada untuk selalu memperbaiki segala  kekuranganya agar bisa sejajar dengan bangsa-bangsa didunia. Timor-leste telah memasuki fase dimana semua masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun Negara ini dari semua permasalahan yang menyangkut kebutuhan public secara umum.
 
 Dengan kesabaran yang tinggi untuk membagun Negara ini sesuai dengan kemampuanya sendiri, berlahan –lahan Timor-leste juga telah membenahi hal-hal yang dirasa penting bagi kelangsungan berbangsa dan bernegara yang baik ,dalam hal ini pemerintah melalui Kementriaan Transportasi telah membamgun Rambu lalulintas disemua titik yang dirasa rawan kecelakaan , serta adanya keberadaan rambu Lalulintas ini artinya secara otomatis pemerintah peduli akan keselamatan bagi para pengemudi dan juga penumpang.

Dengan adanya pembangunan Rambu lampu merah ini juga pemerintah telah ikut menkampainyakan tentang bahaya –bahaya berlalulintas  yang berhubungan dengan nyawa semua masyarakat, serta tentunya dimasa yang akan datang untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mentaati aturan berlalulintas dijalan raya umum.

Dan tentunya untuk mencegah kemacetan di ibukota Negara  Timor-leste karena volume kendaraan yang beroperasi di dili semakin hari semakin bertambah sehingga pada masa yang akan datang bisa mencegah atau bisa menekan angka kemacetan .

 Berikut ini adalah hasil observasi tempat yang telah mendapat Rambu Lalulintas:

- Perempatan Lider Comoro dan perumahan delta.sebanyak tiga buah Lampu merah untuk kendaraan (mobil,motor) dan dua buah lampu merah untuk pejalan kaki, Jadi jumlah total adalah lima pasang.
- Pertigaan heliport kampun alor sebanyak dua buah lampu merah untuk mobil dan satu buah untuk lampu merah pejalan kaki ,jumlah lampu yang dipasang sebanyak tiga pasang.
- Pertigaan palapasu dan mandarin sebanyak dua pasang lampu merah untuk kendaraan ( mobil,motor) dan satu pasang lampu merah untuk pejalan kakijumlah semua lampu merah adalah tiga .
- Perempatan farol kolmera sebanyak dua pasang lampu merah untuk kendaraan (mobil,motor) dan dua pasang lampu merah untuk pejalan kaki, jumalah lampu merah yang ada ditempat itu adalah empat lampu merah.
- Perempatan colmerah pusat sebanyak dua pasang lampu merah khusus untuk kendaraan ( mobil,motor ) dan dua pasang lampu merah khusus bagi pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan, jumlah semuanya adalah empat buah lampu merah.
- Perempatan colmerah dan vilaverde selatan sebanyak dua pasang lampu merah khusus kendaraan ( mobil,motor) dan dua pasang untuk pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan raya, jumlah semuanya adalah empat buah lampu merah.
- Perempatan kementrian kehakiman dan hak azasi sebanyak tiga buah lampu merah untuk kendaraan ( mobil,motor ) dan satu pasang untuk pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan raya., jumlah semuanya lampu merah ditempat ini adalah empat buah lampu merah.
- Perempatan bairo Formosa dan stadium municipal dili sebanyak dua buah lampu merah untuk kendaraan ( mobil,motor) dan dua buah khusus pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan raya, jumlah semuanya adalah empat buah lampu merah yang ada ditempat ini.
- Perempatan balide dan taibesi sebanyak empat buah lampu merah dimana semuanya dikhususkan untuk kenadaraan (mobil,motor) dan juga dilengkapi langsung lampu khusus untuk pejalan kaki.
- Perempatan audian dan kuluhum sebanyak dua buah lampu merah untuk kendaraan ( mobil,motor) dan dua buah lampu merah khusus pejalan kaki yang menyebarang jalan raya, jumlah semuanya adalah empatalampu merah.
- Perempatan bairo grilus dan ANZ Bank sebanyak dua buah lampu merah  untuk kendaraan (mobil,motor) dan dua lampu merah khusus pejalan kaki yang ingin menyebarang jalan raya ,dan semua lampu merah yang ada ditempat ini adalah empat buah lampu merah.
- Perempatan tokoh baru dan bidau kuluhum  sebanyak tiga buah lampui merah khusus kendaraan (mobil,motor) dan satu buah lampu merah khusus untuk pejalan kaki yang ingin menyebrang jala raya, jadi jumlah lampu merah yang ada ditempat ini adalah berjumlah empat buah lampu merah.

Tujuan umum dari pembangunan rambu lalulintas ( Trafiku ) adalah sebagai berikut :

? Untuk mencegah bahaya kecelakaan berlalulintas dijalan raya .
? Untuk mencegah angka kemacetan lalulintas dijalan raya .
? Untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengemudi kendaraan ( motor maupun mobil dijalan raya .
? Untuk membangun tertib lalulintas yang baik dan benar dijalan raya.  
Walaupun masih dirasa belum efektif 100% namun paling tidak dengan pembangunan ini pemerintah telah ikut mensukseskan kampainya tertib lalulintas dijalan raya.
Serta bisa membantu kelancaran lalulintas seperti yang diungkapkan oleh seorang sopir taxi bernama Joanjitu Viana yang beberapa hari mengungkapkan kepada kami waktu kami bertemu dijalan raya Palacio governu beberapa hari yang lalu.

Dalam berbincangan nya beliau mengatakan bahwa dengan pembangunan ini saya sebagai sopir merasa senang karena dengan adanya Lampu Merah ini paling tidak bisa mengatasi kemacetan dan bahaya kecelakaan disetiaqp Perempatan jalan raya umum yang kami sopir taxi lewati tiap hari.

Itulah hasil observasi kami untuk sementara dan kami berharap pada seluruh Institusi untuk bekerja sama dengan kami agar kami dalam melakukan program monitoring bisa mencapai hasil yang maksimal dan berguana bagi kelangsungan program ini dan juga kami berharap pada semua masyarakat tentang arti pentingya tertib berlalulintas dijalan raya .

Kami juga berharap dengan adanya lampu merah ini agar bisa membantu kelancaraan berlalulintas dijalan raya umum bisa lebih baik lagi , kami juga akan selalu berusaha untuk selalu melaporkan setiap perubahan yang telah dibuat oleh pemerintah Republik Demokrat Timor-leste untuk kepentingan kita bersama karena dengan kesadaraan kita berlalulintas ini berarti anda telah memberikan dedikasi anda untuk kemajuan Negara anda sendiri.

Kami juga selalu  berusaha untuk melakukan monitoring terhadap tahap kedua yang katanya akan dilakukan dalam waktu dekat seperti yang diutarakan oleh  pemenang tender dari companya Timor Top yang dipercayakan oleh pemerintah untuk membamgun lampu merah ini diseluruh ibukota  Dili Timor-leste.

Demikianlah report saya dalam melakukan observasi lapangan mengenai rambu lalulintas ( Traficu)  sebagai coordinator budget monitoring (LABEH).

               
BY


Amancio Marques

 

 

 

 

Daftar pertanyaan ttg Trafic left


1. Apa tujuan dari pembangunan traffic left ini ?

2. Berapa jumlah traffic yang akan dipasang  ?

3. Kapan mulai pembangunan Trafic left ini dan kapan selesai ?

4. Siapa yang menang tender proyek pembangunan Trafic left ini ?

5. Berapa jumlah company  yang ikut dalam proses tender ?

6. Berapa jumlah dana untuk proses kontruksi pembangunan Trafic left ini ?

7. Sudah berapa lama company yang menang tender  ini berdiri ?

8. Siapa Direktor Company yang menang tender ?

9. Apakah dengan Pembangunan Trafic ini bisa mengatasi angka kemacetan dan kecelakaan ?

10. Apakah operasi traffic left  ini berfungsi selama 24 jam ?

11.  Sudah berapa bulan traffic ini berfungsi ?

 

Find us on Facebook

Follow us on Twitter